Selasa, 01 Oktober 2013

Contoh Pidato : Ki Hajar Dewantara

Assalamualaikum wr wb .
            Dengan segala hormat kepada guru-guru di sini hadir , dan semua penonton . selamat pagi semua orang! Pertama-tama , mari kita bersyukur kepada Allah SWT yang karena rahmat -Nya , kita semua bisa berkumpul di sini di kelas ini . Shalawat dan doa kita akan mengatakan kepada nabi terbesar kita , Muhammad SAW , keluarganya, teman-temannya , dan semua pengikutnya . Amin !
            Ki Hajar Dewantara seorang tokoh pendidikan yang mendirikan lembaga pendidikan di Taman Siswa . Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Hari lahir , diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional . Dia akrab dengan filosofi " tut wuri handayani , hing madya mangun karsa , hing ngarso sung Tulada " . Dewantara mengklasifikasikan tujuan pendidikan dengan istilah " tri - nga " (tiga " nga " , sebagai " nga " adalah huruf terakhir dalam abjad Jawa ) . Yang pertama " Nga " adalah " ngerti " ( memahami atau aspek intelektual ) , Yang kedua " Nga " adalah " ngrasa " (merasakan kasih sayang aspek ) , Dan yang ketiga " nga " adalah " nglakoni " ( atau aspek psikomotorik mengajar ) . Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif , afektif , dan psikomotorik . Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur dirinya sendiri , oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga . Pengajaran tidak hanya harus fokus pada pikiran intelektual karena hal itu dapat memisahkan orang terpelajar dengan orang lain .
            Akhirnya , saya berharap masyarakat Indonesia untuk meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak - anak didik yang produktif , kreatif, inovatif dan berguna bagi bangsa dan negara , menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi yang dapat mandiri dan memenuhi kebutuhan alam semesta .



Artikel Terkait:

Komentar :

ada 4 komentar ke “Contoh Pidato : Ki Hajar Dewantara”
Bayu DeTa_sop mengatakan...
pada  

Makasih atas contohnya

Unknown mengatakan...
pada  

Makasih

Unknown mengatakan...
pada  

makasih yah.....

Unknown mengatakan...
pada  

Makasih ya atas contoh nya

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More